7 December 2015

Tips Cepat Menemukan Topik Akademik Maupun Umum

Untuk Topik akademik yang fokus pada pelajaran bidang tertentu, silahkan lakukan tips berikut:
  1. Baca-baca buku pelajaran / kuliah satu tingkat lebih tinggi daripada yang kita ketahui. Jangan lupa mempelajari soal-soal.
  2. Menghadiri kuliah publik di sekitar kita dan mendengarkan sesuatu yang kita tidak setuju, tidak mengerti, atau yang ingin kita ketahui. 
  3. Membaca topik-topik terkini terutama bibliografi (artikel) dan abstrak. 
  4. Membaca ensiklopedia yang berhubungan dengan topik yang kita pelajari. 
  5. Menanyakan pembimbing kita tentang topik yang diperebutkan (hangat) dalam lingkungannya. 
  6. Jika kamu mempunyai akses ke internet, carilah daftar khusus yang menarik perhatian kita dan sangat memancing perhatian sehingga ada forum diskusi.
Sedangkan untuk topik umum,
  1. Berfikirlah tentang minat yang kita miliki dan telusuri asal-usulnya atau bagaimana jika dipraktekkan dalam budaya (domain) lainnya.
  2. Telusuri tentang aspek yang khas sebuah negara yang kita hendak kunjungi. 
  3. Berjalan-jalan ke museum apa saja, sehingga kita menemukan apa yang kita inginkan dan apa yang kita ingin ketahui. 
  4. Berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau pertokoan dan bertanya pada diri kita bagaimana barang tersebut dibuat? Atau memikirkan siapa yang mempunyai ide membuat barang tersebut tersebut? 
  5. Bukalah Koran, terutama di bagian muka, sampai kita berhenti pada sesuatu atau menemukan suatu hal. Jika kita mempunyai akses koran “New York Times”, lihatlah bagian muka dan review buku-buku pada hari minggu. 
  6. Pergilah ke toko buku yang berisi majalah-majalah besar dan telusuri. Belilah buku-buku yang terlihat teknis dan menarik. 
  7. Lihatlah beberapa majalah yang populer yang kita temukan di ruang tunggu , seperti “Reader’s Digest”, untuk sebuah artikel yang mempunyai klaim yang penting tentang kesehatan, sosial, atau hubungan personal yang berdasarkan pada bukti-bukti. Cari tahu apakah itu benar. 
  8. Setel TV kita pada program interview atau wawancara radio sampai kita menemukan sesuatu yang tidak setuju dengannya. Kemudian tanya diri kita dimana kita dapat menemukan informasi yang cukup untuk menyanggahnya. 
  9. Coba pikirkan kembali terakhir kalinya kita berdiskusi hangat tentang informasi yang penting dan merasa frustasi karena kita tidak mempunyai fakta yang dibutuhkan. 
  10. Pikirlah suatu hal yang kamu percaya akan tetapi kebanyakan orang tidak. Kemudian tanyakan apakah ada isu yang demikian dan kita dapat menemukan bukti yang cukup untuk meyakinkan orang lain. 
  11. Pikirkan tentang sebuah kepercayaan umum dimana orang-orang pada menerima begitu saja tetapi tidak dengan kita. 
  12. Bacalah sepintas topik utama di beberapa bibliografi (artikel). 
  13. Berfikirlah tentang beberapa kontroversi yang populer dimana penelitian akan memudahkan kita mengklarifikasinya. 
  14. Carilah 5 atau 6 kawan dan berdiskusilah tentang sesuatu yang semuanya ingin kita ketahui. 
Sudah dapat ide? alhamdulillah

Referensi: The Craft of Research

No comments:

Post a Comment